Kapolri Tinjau Kesiapan Polda Jateng Hadapi Arus Mudik di GT Kalikangkung

Peristiwa58 Dilihat

SEMARANG- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Panglima TNI dan sejumlah menteri mengunjungi Gerbang Tol (GT) Kalikangkung. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan Polda Jateng hadapi arus mudik Lebaran 2024. Rabu, (3/4/2024) sore.

“Tadi pagi kita laksanakan apel yang gelar pasukan menandai dimulainya Operasi Ketupat dalam rangka pengamanan arus mudik. Kali ini kita cek kesiapan sejumlah daerah, kemarin di Merak, sekarang di GT Kalikangkung,” ujar Kapolri di hadapan media.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolri mendengarkan langsung paparan kesiapan Polda Jateng dalam menangani berbagai permasalahan yang berpotensi terjadi selama arus mudik dan balik di Jawa Tengah.

Berdasarkan survey dari Kementerian Perhubungan, diprediksi arus mudik yang melintas di GT Kalikangkung tahun ini akan meningkat sebesar 4 persen.

Kapolri menyebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus yang pertama potensi kepadatan arus lalin dan cara penguraiannya.

“Tadi sudah dipaparkan upaya yang dilakukan dengan menambah pintu exit tol, penambahan petugas dan card reader. Ini sebagai upaya mempercepat antrian dan mengurai kemacetan di gerbang tol,” jelasnya.

Berikutnya potensi terjadinya bencana banjir di sejumlah daerah dan ruas jalan yang dilalui pemudik. Terkait hal ini, Kapolri menyebut sudah disiapkan sejumlah rute alternatif yang bisa dilalui oleh pemudik.

“Jalur-jalur alternatif tersebut bisa jadi pilihan masyarakat apabila terjadi genangan air,” lanjut Kapolri.

Kapolri turut berpesan kepada masyarakat untuk tidak memaksakan diri demi cepat sampai ke tujuan. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah rest area yang bisa digunakan untuk beristirahat.

“Demikian juga di jalur arteri banyak tersedia tempat untuk beristirahat. Hindari beristirahat di bahu jalan karena sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan laka lantas,” himbaunya.

Dirinya juga menghimbau untuk menghindari keberangkatan di puncak arus mudik. Hal ini sebagai upaya mencegah terjadinya kepadatan arus lalin.

“Manfaatkan sarana mudik gratis yang disiapkan pemerintah di tanggal 6 dan 7. Selain sebagai upaya cegah kemacetan, ini juga jadi alternatif angkutan yang bisa dipilih selain kereta api dan pesawat,” tandas Kapolri

Dalam kegiatan tersebut Kapolri turut memberikan bingkisan kepada para petugas yang melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2024 di GT Kalikangkung.

(ADI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *