Poltekkes Kemenkes Semarang Wisuda Ke-115 Sebanyak 361 Mahasiswanya

Peristiwa71 Dilihat

CMNnews-INDONESIA
citramedianusantara.com

SEMARANG- Sidang terbuka Senat Poltekkes Kemenkes Semarang melaksanakan Wisuda Ke-115 Mahasiswanya, Sebanyak 361 wisudawan/wisudawati, lulusan magister terapan kesehatan Politekkes Kemenkes Semarang diwisuda, di Convention Hall Masjid Agung Jawa Tengah, jalan Gajah, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/05/2023).

Wisuda ke 115 kali ini terdiri dari Pendidikan Profesi sebanyak 78 lulusan, Diploma III sebanyak 49 lulusan, Sarjana Terapan sebanyak 185 lulusan dan Megister Terapan sebanyak 49 lulusan.

Direktur Politekkes Kemenkes Semarang Jeffri Ardianto, M.App.SC
menjelaskan, Program Pendidikan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang pada tahun akademik 2023/2024 meliputi delapan (8) jurusan, delapan belas (18) Program Studi Diploma III, 9 (sembilan) Program Studi Sarjana Terapan Kesehatan, 3 (tiga) Program Profesi serta 4 (empat)
Program Studi Magister Terapan Kesehatan,
dengan jumlah dosen 364 dosen dan jumlah mahasiswa 10.173 mahasiswa. Poltekkes Kemenkes Semarang senantiasa memberikan layanan yang terbaik dengan Pengembangan dan pembangunan sarana layanan pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM, Ungkap Jeffri Ardianto

Lanjut Jefri Ardianto, Mekanisme evaluasi pendidikan pada akhir program dilaksanakan oleh masing-masing Program Studi dengan kegiatan Ujian Pencapaian Kompetensi melalui Ujian Tahap dan Ujian Kompetensi di akhir program baik yang diselenggarakan secara Nasional ataupun Regional. Selain itu evaluasi pendidikan di akhir program dilakukan dengan Ujian Karya Tulis Ilmiah untuk Program Studi Diploma III , Skripsi untuk Program Studi Sarjana Terapan Kesehatan, Ujian Stase bagi Profesi dan Tesis bagi Magister Terapan Kesehatan.

Hasil Uji Kompetensi Nasional Periode 1 Tahun 2024 dapat kami laporkan disetiap bidang sebagai berikut:
1.Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi (100%)
2.Pendidikan Profesi Ners Program Profesi (100%)
3.Radiologi Purwokerto Program Diploma Tiga (100%)
4.Gizi dan Dietetika Program Sarjana Terapan (100%)
Jadi Rata-Rata uji kopentensi (100%)

Jeffri Ardianto menambahkan, Hari ini, Kamis, 16 mei 2024 merupakan wisuda ke- 115 periode mei 2014 , dengan jumlah keseluruhan 361 wisudawan/wisudawati Ahli Madya, Sarjana Terapan, Profesi dan Magister Terapan Kesehatan dengan rincian sebagai berikut:
1. Wisudawan/Wisudawati dari Program Studi
Pendidikan Profesi sejumlah 78 Profesi Kesehatan.
2. Wisudawan/Wisudawati dari Program Studi Diploma III sejumlah 49 Ahli Madya Kesehatan.
3. Wisudawan/Wisudawati dari Program Studi Sarjana Terapan sejumlah 185 Sarjana Terapan Kesehatan.
4. Wisudawan/Wisudawati dari Program Magister Terapan Kesehatan sejumlah 49 Magister Terapan, terangnya

“bahwa sampai saat ini, lulusan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang berjumlah 42.981 Ahli Madya Kesehatan, Sarjana Terapan Kesehatan, Profesi dan Magister Terapan Kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia baik bekerja di fasyankes pemerintah maupun non pemerintah, ungkap Jeffri Ardianto

Upaya peningkatan prestasi mahasiswa baik bidang akademik maupun non akademik senantiasa di kembangkan yang telah diperoleh oleh Poltekkes Semarang antara lain:
Dari 361 wisudawan/wisudawati pada Wisuda ke-115 ini, didapatkan bahwa rata-rata IPK =3,59, dengan IPK tertinggi 4,0 dan terendah 2,72.
Sebanyak 215 (59,4%) wisudawan/wisudawati mendapatkan predikat cumlaude (≥3,51 sd 4,00 untuk jenjang Diploma dan Sarjana Terapan dan ≥ 3,76 sd 4,00 untuk Program Profesi dan Magister Terapan).

Sementara itu Direktur Jendral Tenaga Kesehatan Kemenkes RI DRG Arianti Anaya, MKM dalam sambutanya mengatakan,
“Hari ini tentunya menjadi momentum yang penting bagi para wisudawan/wati serta orang tua dan keluarga yang selama ini telah berkontribusi terhadap keberhasilan wisudawan/wati. Tentunya juga bagi Poltekkes Kemenkes Semarang karena telah berhasil mengantarkan 363 orang wisudawan/Wisudawati berasal dari jenjang diploma tiga, sarjana terapan, profesi dan magister dari delapan jurusan yaitu keperawatan, kebidanan, teknik radiodiagnostik dan radioterapi, kesehatan gigi, gizi, analis kesehatan meniko, rekam medis dan informasi kesehatan, satu program pasca sarjana yang terdiri dari empat program studi yaitu magister terapan kebidanan, keperawatan, imaging diagnostik, dan terapis gigi dan mulut.
Selamat kepada saudara-saudari yang telah dilantik dan diangkat sumpahnya sebagai tenaga kesehatan. Semoga ilmu yang Saudara peroleh selama menuntut ilmu di Poltekkes Kemenkes Semarang dapat bermanfaat bagi diri saudara, masyarakat, dan Bangsa Indonesia. Harapannya dengan hard skill yang unggul di bidang ilmu Saudara masing-masing serta softskill yang dimiliki dalam menyikapi berbagai kemajuan dan dinamika kesehatan masyarakat yang sangat cepat, Saudara dapat menjadi tenaga kesehatan yang profesional dan kompeten di bidangnya, mampu menciptakan beragam inovasi teknologi kesehatan yang memajukan pembangunan kesehatan di Indonesia dan bersaing dengan kemajuan global.
Setelah ini, Saudara akan menjadi alumni Poltekkes Kemenkes Semarang. Karena itu, saya berpesan agar Saudara bisa menjaga nama baik almamater Poltekkes Kemenkes Semarang. Tampillah penuh percaya diri sebagai seorang pribadi tenaga kesehatan yang memiliki moralitas dan integritas dengan keunggulan kualitas global, ungkap DRG Arianti Anaya

Lanjut Drg Arianti Anaya, sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilan Saudara menyelesaikan studi di Poltekkes Kemenkes Semarang, almamater tercinta. Izinkan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada para orang tua Saudara yang telah mempercayakan putra-putrinya kepada kami guna menempuh pendidikan di Poltekkes Kemenkes Semarang. Saya berharap Saudara dapat terus berkarya, mengisi kehidupan Saudara dengan ‘belajar sepanjang hayat’, belajar menyikapi masalah dengan berpikir ‘melampaui kotak’, senantiasa meningkatkan semangat kepemimpinan serta memperkuat solidaritas, dengan adab yang baik, demi memberikan sumbangsih yang nyata bagi bangsa dan negara Indonesia.

Penghargaan dan ucapan terimakasih serta rasa bangga saya sampaikan kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang beserta seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Semarang yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam mendidik mahasiswanya sehingga menjadi tenaga kesehatan yang kompeten di bidangnya masing-masing. Teruslah meningkatkan penjaminan mutu internal, melakukan evaluasi proses belajar mengajar, terus menciptakan atmosfir akademik yang kondusif, lakukan inovasi dan terobosan, sehingga Poltekkes Kemenkes Semarang dapat menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang terbaik dan dapat bersaing baik ditingkat nasional maupun global sesuai dengan visi : Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kesehatan yang Unggul Berbudaya dan Mendunia pada Tahun 2038.

“saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah beserta jajaran, Direktur Utama RSUP Kariadi, Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Semarang, Organisasi Profesi dan seluruh stakeholder yang turut memberikan perhatian dan kontribusi dalam upaya penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan ini, sehingga dapat menghasilkan tenaga kesehatan pada jenjang pendidikan vokasi, profesi dan magister yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan kesehatan di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Tengah Semarang.
Demikian yang dapat saya sampaikan, sekali lagi selamat kepada para wisudawan dan wisudawati dan terima kasih kepada Poltekkes Kemenkes Semarang. Saya harap dapat selalu berkontribusi dalam mendukung transformasi kesehatan. Semoga Allah SWT, senantiasa melimpahkan rahmat, petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua atas segala upaya dan pengabdian kita bagi bangsa dan negara khususnya di bidang kesehatan, pungkasnya

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *